Cara Merawat Hijab yang Benar dan Tepat

Cara Merawat Hijab yang Benar dan Tepat

Cara merawat hijab sangat penting untuk membuat Anda tetap cantik, baik itu kegiatan sehari-hari maupun acara tertentu. Apalagi bagi Anda yang saat ini sedang ingin menghemat budget. 

Tentu, memiliki jilbab tetap awet pasti menjadi kebanggaan tersendiri. Tips perawatan jilbab disini merupakan salah satu cara yang sederhana untuk Anda lakukan sendiri.

Cara Merawat Hijab yang Benar

Dalam merawat hijab perlu sekali ketelatenan serta kesabaran. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menjaga serat kain tidak memudar dan rusak. 

 

Cara merawat hijab sebenarnya dapat bervariasi tergantung dari jenis maupun kualitas bahan hijab yang Anda gunakan. Inilah beberapa cara merawat jilbab yang mudah agar awet dan tahan lama, antara lain:

1. Cuci Hijab menggunakan Tangan

Cara merawat hijab yang satu ini seringkali disebut sebagai kunci utama untuk bisa menjaga hijab Anda tidak rusak. Meski mesin cuci lebih praktis Anda gunakan, namun putarannya cukup kencang dan bisa merusak kain jilbab. 

Apalagi bila jilbab Anda memiliki hiasan, seperti payet. Bisa saja payet pada hijab Anda copot atau terlepas. Karena itu, agar kualitas hijab bisa bertahan lebih lama, maka sebaiknya mulai coba mencucinya secara manual dengan menggunakan tangan.

2. Gunakan Deterjen Secukupnya

Sebagian orang mungkin mengira bahwa semakin banyak pemakaian detergen, maka akan semakin besar pula pakaian maupun kerudung yang dicuci. Padahal, cara merawat hijab ini tidak sepenuhnya benar. 

Mencuci dengan menggunakan detergen yang terlalu banyak, justru akan membuat serat kain menjadi lebih mudah rusak. Hal ini karena sisa detergen lebih rentan tertahan di serat pakaian meski sudah Anda bilas.

Tidak hanya itu, pemakaian deterjen secara berlebihan juga nantinya bisa membuat kain jilbab lebih cepat menjadi korosif. Karena itu, Anda bisa gunakan deterjen secukupnya.

3. Pisah Berdasarkan Warna saat Mencucinya

Beberapa koleksi kerudung Anda mungkin akan mudah luntur daripada warna yang lainnya. Oleh karena itu, cara merawat hijab tepat sebaiknya bisa memisahkan hijab berdasarkan warna saat ingin mencucinya. 

Agar lebih aman, nantinya juga bisa memilih untuk mengoleksi kerudung dengan bahan berkualitas dan tidak mudah luntur. Saat ini, kerudung dengan menggunakan bahan kain premium serta desain motif cantik bisa Anda temukan dengan mudah.

4. Hindari Menjaga Pakaian

Pemutih pakaian saat ini bisa menghilangkan noda paling membandel. Namun, pemakaiannya pada jilbab justru bisa membuat serat kain jilbab menjadi lebih kaku serta mudah rusak. 

Apalagi jika jilbab memiliki motif cukup rumit. Tentu, pemutih dapat langsung merusak motif hijab serta meninggalkan noda luntur yang berwarna putih. 

Jadi, sangat disarankan untuk bisa menghindari penggunaan pemutih pakaian. Terutama, jika ingin jilbab akan lebih awet dan dapat digunakan dalam waktu cukup lama.

5. Jangan Asal Sikat Hijab

Apabila ada noda membandel yang susah hilang, nantinya Anda hanya perlu merendam hijab dengan menggunakan air sabun hangat. Namun, jangan pernah merendam jilbab tersebut terlalu lama. 

Setelah itu, bisa kucek jilbab secara perlahan sampai noda tersebut terlihat sudah menghilang. Ingat, juga jangan pernah sikat jilbab secara asal-asalan. 

Karena alih-alih nodanya hilang, justru menyikat jilbab hanya akan membuat serat kainnya rusak dan mudah terlepas. Tidak lupa juga untuk menghindari kebiasaan melanggar jilbab dengan kuat. 

Jadi nantinya cukup tepuk atau tekan jilbab secara perlahan sebelum mencucinya. Untuk Anda yang mungkin saja ingin mendapatkan jilbab premium yang tidak mudah rusak, bisa dapatkan di Chante. 

Baca Juga : Jenis Kain Hijab yang Nyaman dan Tidak Kusut

Untuk Anda yang ingin mendapatkan hijab nyaman maka bisa berkunjung ke website online store Chante. Chante menyediakan berbagai jenis koleksi jilbab dan scarf premium yang cocok untuk kamu. Selain koleksi hijab premium, Chante Official juga menyediakan berbagai koleksi modest fashion seperti koleksi dresskoleksi blouse, dan berbagai macam koleksi atasan premium wanita yang dapat menjadi teman outfitmu untuk berbagai jenis acara.

Back to blog